Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for AGROEKOTEKNOLOGI?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Author Guidelines

PEDOMAN SINGKAT PENULISAN E-JURNAL AGROEKOTEKNOLOGI

Persyaratan Umum

Naskah artikel harus merupakan hasil penelitian yang belum pernah dimuat di dalam jurnal ilmiah manapun atau tidak dalam proses penerbitan dalam berkala ilmiah lainnya baik di lingkup nasional maupun internasional. Tulisan harus mencakup disiplin ilmu dalam bidang hama dan penyakit tumbuhan, agronomi, pemuliaan tanaman dan ilmu tanah, Naskah yang merupakan hasil penelitian mahasiswa (S1, S2 dan S3), semua artikel harus sudah diperiksa oleh dosen pembimbing yang dinyatakan dengan surat persetujuan pembimbing yang dilampirkan bersama dengan naskah. Selanjutnya naskah akan ditelaah oleh Reviewer yang kompeten sebelum dimuat di e-jurnal Agroekoteknologi. Naskah diserahkam dalam bentuk hardcopy sebanyak 2 rangkap. Setelah dinyatakan diterima untuk dipublikasi, penulis menyerahkan softcopy (CD) naskah.

Naskah artikel ditulis dalam Bahasa Indonesia berpedoman pada Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia dan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) dengan berpedoman pada kamus Besar Bahasa Insonesia (KBBI).

Naskah artikel ditulis dengan MS Word, diketik rapi berjarak 1 spasi (Time New Roman, font 12, ukuran ke-4 margin  2 cm) pada kertas HVS A4 (210 x 297 mm) tanpa catatan kaki. Artikel maksimum 15 halaman, termasuk tabel dan gambar. Naskah ditulis dalam 2 kolom kecuali untuk judul dan abstrak.

Sistematika Artikel : Judul, Nama dan Alamat Penulis, Abstrak, Kata Kunci, Pendahuluan, Bahan dan Metode, Hasil dan Pembahasan, Simpulan, Ucapan Terima Kasih (bila perlu) dan Daftar Pustaka.

Judul. Ditulis singkat, informatif dan deskriptif. Ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris (maksimum 14 kata). Penulisan huruf Kapital hanya pada awal kata. Penulisan judul diletakkan di tengah.

Nama dan Alamat penulis. Nama dan alamat ditulis lengkap tanpa disingkat dan tidak memakai gelar. Untuk Corresponding author beri tanda bintang serta alamat e-mail.

Abstrak. Abstrak ditulis dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia, ditulis dalam 1 spasi. Abstrak merupakan sari tulisan, meliputi tujuan, metode dan hasil penelitian dalam satu paragraph yang ringkas, padat dan tidak lebih dari 200 kata.

Kata Kunci dan Key woards. Kata kunci dan key woards ditulis langsung sesudah abstrak pada baris baru mulai dari margin kiri maksimum 5 kata yang relevan dengan substansi artikel.

Pendahuluan. Pendahuluan merupakan justifikasi substansi artikel yang didukung pustaka yang relevan. Memuat latar belakang dan tujuan penelitian. Maksimum 400-500 kata.

Bahan dan Metode. Harus detil dan jelas, meliputi bahan, tempat dan waktu, rancangan percobaan, metode pengambilan sampel, pelaksanaan dan analisis data.

Hasil dan Pembahasan. Hasil dan Pembahasan disajikan dalam 1 Bab. Hasil penelitan disajikan dalam bentuk tabel/grafik yang diberi notasi statistika, diberi nomor dan judul. Judul tabel ditulis di bagian atas, sedangkan judul grafik dan gambar ditulis di bagian bawah. Uraian tabel/grafik tidak mengulang data yang disajikan kecuali hal-hal yang sangat menonjol. Pembahasan membandingkan hasil penelitian dengan pustaka yang relevan dan menjelaskan implikasi hasil penelitian yang diperoleh bagi ilmu pengetahuan dan pemanfaatannya.

Simpulan. Simpulan disajikan dalam bentuk paragraph dan bukan dalam bentuk penomoran. Jika ada saran, maka disajikan secara singkat dan relevan.

Ucapan Terima Kasih. Ungkapan terima kasih ditujuakn apabila ada pihak yang membantu penelitian, dan/penyedia dana penelitian.

Daftar Pustaka. Pustaka diacu terdiri dari 70% pustaka primer dari terbitan 10 tahun terakhir. Daftar disusun berdasarkan abjad, semua nama pengarang ditulis tanpa penomoran.

Di dalam teks, pustaka harus ditulis sebagai berikut :

- Dua Penulis : Baker & Cook (1974) atau (Baker & Cook, 1974).

- Tiga Penulis atau lebih ; Suwanto et al. (1992) atau (Suwanto et al.,

1992).

- Memuat dua atau tiga tulisan : (Baker & Cook,1974; Suwanto et al.,

1992).

 

Contoh Penulisan Daftar Pustaka :

Buku : judul buku ditulis huruf kapital pada semua huruf awalnya

Harjadi SS. 1991. Pengantar Agronomi. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. 230 hal.

 

Bagian Bab dari buku : judul bab dari buku ditulis dengan huruf kapital pada huruf awalnya saja.

Jatala P & J Bridge. 1990. Nematoda parasitik pada tanaman akar dan ubu-ubian. Dalam M Luc RA Sikora & J Ridge (eds). Nematoda Parasitik di Pertanian Subtropika dan Tropik. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta. Hlm 34-42.

 

Artikel jurnal : judul artikel ditulis dengan huruf kapital pada huruf awalnya saja. Penyingkatan nama jurnal mengikuti anjuran dari jurnal yang disitasi. Nama jurnal ditulis miring.

Brockwell J & PJ Bottomley. 1995. Recent advances in inoculants technology and prospects for the future. Soil Biol Biochem 27: 283-297.

 

Pustaka yang diakses dari internet :

Fortnum BA & SB Martin. 1997. Disease management strategies for control of bacteria wilt of tobacco in the southern USA. 2nd IBWS, Guadalope. Available at : http;//www.infra.fr/Internet/Departement/PAHOV/2nd IBWS/T43. html (diakses 13 Maret 2002).

 

Pustaka dari CD ROM ;

Foyd RB & J Kurle. 2000. Crop rotation scheme for dry land of Minnesota and North Dakota. Agronomy Journal 67: 342-350. Volumes 60-70, 1990-2000 (CD ROM computer file). ASA, Madison, WI and Natl. Agric. Lib. Madison, WI (Nov 2001).

 

 

 

 

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.

 


ISSN: 2337-6597