Hubungan Tingkat Pendidikan dengan Tingkat Pengetahuan Tentang Antenatal Care dalam Kalangan Ibu Usia Subur

Aruna Ramasamy

Abstract


Antenatal care adalah pemeriksaan kehamilan yang dilakukan pada ibu hamil dengan tujuan mendeteksi komplikasi obstetrik sedini mungkin dan ditangani secara memadai. Pemeriksaan kehamilan ini sangat penting untuk mendapatkan ibu dan anak yang sehat selama kehamilan dan setelah persalinan. Oleh karena itu, diharapkan ibu hamil memiliki pengetahuan yang baik tentang antenatal care.

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti hubungan tingkat pendidikan dengan tingkat pengetahuan tentang pemeriksaan antenatal dalam kalangan ibu usia subur di Puskesmas Padang Bulan.

Populasi dalam penelitian ini adalah ibu yang berkunjung ke Puskesmas Padang Bulan yang terdiri dari 260 orang. Sampel yang digunakan menurut Notoadmodjo untuk populasi yang kecil dari 10.000 adalah sebanyak 72 orang. Data penelitian dikumpulkan melalui kuesioner dengan tehnik consecutive sampling.

Penelitian ini menunjukkan bahwa adanya hubungan antara tingkat pendidikan dengan tingkat pengetahuan tentang antenatal care dalam kalangan ibu usia subur di Puskesmas Padang Bulan. Jumlah ibu yang tidak bersekolah adalah 2 orang dan daripada jumlah tersebut hanya seorang ibu yang berpengetahuan baik tentang antenatal care. Jumlah ibu yang berpendidikan SD adalah 3 orang dan daripada jumlah tersebut hanya seorang ibu yang berpengetahuan baik tentang antenatal care. Sebanyak 29 orang ibu berpendidikan SMP dan daripada jumlah tersebut 21 orang ibu tergolong dalam kategori tingkat pengetahuan baik. 32 orang ibu berpendidikan SMA dan daripada jumlah tersebut terdapat 27 orang yang berpengetahuan baik tentang antenatal care. Jumlah ibu yang berpendidikan perguruan tinggi adalah sebanyak 6 orang dan semua ibu tersebut berpengetahuan baik tentang antenatal care.

Terdapat hubungan di antara tingkat pendidikan dengan tingkat pengetahuan tentang antenatal care dalam kalangan ibu usia subur di Puskesmas Padang Bulan dan diharapkan supaya semua ibu memiliki pengetahuan yang baik tentang pemeriksaan antenatal tanpa mengenal tingkat pendidikan.

Kata kunci: tingkat pendidikan ibu usia subur, tingkat pengetahuan tentang antenatal

care

 


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.