PROSEDUR PELAYANAN PUBLIK PADA PERUSAHAAN DAERAH ANGKUTAN KOTA BINJAI (PD. ANGKUTAN KOTA BINJAI) DITINJAU DARI HUKUM ADMINISTRASI NEGARA

Arini Sulastiwi, suria ningsih, Boy Laksamana

Abstract


PROSEDUR PELAYANAN PUBLIK PADA PERUSAHAAN DAERAH ANGKUTAN KOTA BINJAI (PD. ANGKUTAN KOTA BINJAI) DITINJAU DARI HUKUM ADMINISTRASI NEGARA

ARINI SULASTIWI

120200282

FAKULTAS HUKUM

SUMATERA UTARA

Email :arinisulastiwi@gmail.com

ABSTRAK

Arini Sulastiwi[1]

Suria Ningsih[2]

Boy Laksamana[3]

Pelayanan Publik merupakan kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang, jasa, dan/atau pelayanan administratif yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik. Perusahaan Daerah Angkutan Kota Binjai memberikan pelayanan publik bidang transportasi umum di Kota Binjai.

Permasalahan yang diteliti adalah bagaimanakah tinjauan umum pelayanan publik di Indonesia, bagaimanakah prosedur pelayanan publik pada Perusahaan Daerah Angkutan Kota Binjai, apa saja potensi dan permasalahan Perusahaan Daerah Angkutan Kota Binjai dalam memberikan pelayanan publik.

Jenis penelitian ini merupakan penelitian yuridis normatif. Metode penelitian yuridis normatif adalah metode penelitian yang mengacu pada norma-norma hukum yang terdapat dalam peraturan perundang-undangan. Penelitian ini juga menggunakan metode empiris, yaitu penelitian yang menitikberatkan dengan prilaku individu dalam kaitannya dengan hukum.

Pelayanan publik yang diberikan oleh Perusahaan Daerah Angkutan Kota Binjai ada 2 (dua) kegiatan pelayanan yaitu pelayanan angkutan umum dan pelayanan penyewaan (rental) bus dengan prosedur yang ditentukan berdasarkan hukum kebiasaan perusahaan.

 

 

 

 

Kata Kunci : Prosedur, Pelayanan Publik, Perusahaan Daerah


[1] Mahasiswa, Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara.

[2]Pembimbing I, Dosen Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara.

[3]Pembimbing II, Dosen Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.