IMPELEMNTASI PEMBERIAN IZIN USAHA GALIAN GOLONGAN C SESUAI DENGAN PERATURAN BUPATI NOMOR 11 TAHUN 2001 DI KECAMATAN TANAH JAWA KABUPATEN SIMALUNGUN

albert f sembiring, suria ningsih, hemat tarigan

Abstract


ABSTRAK

Albert F Sembiring*

Suria Ningsih**

Hemat Tarigan***

 

Usaha pertambangan bahan galian golongan C adalah usaha pertambangan yang terdiri atas usaha eksploitasi, pengolagan/pemurnian, pengangkutan dan penjualan bahan galian yang bertujuan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui pengutipan pajak daerah.

Permasalahan yang diangkat dalam penulisan skripsi ini ialah, bagaimana implementasi pengaturan izin usaha galian golongan C ditinjau dari perspektif hukum administrasi negara, bagaimana prosedur dan pengawasan pemberian izin usaha galian golongan C berdasarkan Peraturan Bupati No. 11 Tahun 2001, bagaimana hambatan dalam pemberian izin usaha galian golongan C sesuai Peraturan Bupati Nomor 11 Tahun 2001 di Kecamatan Tanah Jawa Kabupaten Simalungun.

Penelitian skripsi ini menggunakan pendekatan yuridis normatif melalui buku-buku dan peraturan perundang-undangan di perpustakaan (library reseacrh) dan menggabungkannya dengan data laporan wawancara (field reseacrh) terhadap asas, norma atau kaedah hukum positif tang berkaitan dengan judul.

Adapun implementasi pengaturan izin usaha galian golongan C ditinjau dari perspektif hukum administrasi negara yaitu UU No. 4 tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara, UU No. 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, Peraturan Pemerintah No. 55 tahun 2010 tentang Pembinaan dan Pengawasan Penyelenggaraan Pengelolaan Usaha Pertambangan Mineral dan Batubara, Peraturan Pemerintah No. 24 tahun 2012 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah No. 23 tahun 2010 tentang Pelaksanaan Kegiatan Pertambangan Mineral dan Batubara, Inpres No. 1 tahun 2012 tentang Pelaksanaan dan Pengawasan terkait Kegiatan Usaha Batubara, Peraturan Bupati Kabupaten Simalungun No. 11 tahun 2001 tentang Galian Golongan C, Surat Izin Pertambangan Daerah (SIPD) dapat diberikan melalui permohonan kepada Bupati dalam hal ini kepala Kantor Lingkungan Hidup dan Pertambangan Kabupaten Simalungun dengan melaporkan yang harus diperoleh sebagai persyaratannya. Pembinaan pengawasan atas usaha pertambangan bahan Galian Golongan C dilaksanakan oleh Kantor Lingkungan Hidup dan Pertambangan Kabupaten Simalungun bersama unit kerja lainnya. Adapun hambatan dalam pemberian izin usaha Galian Golongan C sesuai Peraturan Bupati No. 11 tahun 2001 di Kecamatan Tanah Jawa Kabupaten Simalungun : a. mengenai rekomendasi yang diberikan oleh pejabat yang berwenang dalam hal ini oleh camat dan/atau kepala desa/lurah, b. mengenai hal yang dimuat dalam permohonan atau isi surat permohonan, c. kurangnya pengawasan.

Kata Kunci : Impelementasi, Izin Usaha, Galian Golongan C.

*Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara

**Dosen Pembimbing I Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara

***Dosen Pembimbing II Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.