PROSEDUR PEMBERIAN IZIN PEMASANGAN REKLAME BERDASARKAN PERATURAN DAERAH KOTA MEDAN NOMOR 11 TAHUN 2011

Arif Rizkillah Saragih, Suria Ningsih, Erna Herlinda

Abstract


ABSTRAK

PROSEDUR PEMBERIAN IZIN PEMASANGAN REKLAME BERDASARKAN PERATURAN DAERAH KOTA

MEDAN NOMOR 11 TAHUN 2011

* Arif Rizkillah Saragih

**Suria Ningsih, SH, M.Hum

***Erna Herlinda, SH, M.Hum

Penataan reklame di sepanjang kota Medan masih kurang baik, seharusnya mendapat perhatian khusus dari pemerintah kota Medan. Dalam hal ini pemerintah kota harus memberikan kebijakan peningkatan pelayanan publik untuk izin pemasangan reklame. Adapun permasalahan dalam penelitian bagaimana pengaturan pemberian izin pemasangan reklame di Kota Medan. Bagaimana prosedur pemberian izin pemasangan reklame berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 11 Tahun 2011 di Kota Medan dan bagaimana akibat hukum yang timbul bagi pemegang izin reklame.

Jenis penelitian yang digunakan adalah hukum normatif, di mana penelitian hukum normatif adalah suatu prosedur penelitian ilmiah untuk menemukan kebenaran berdasarkan logika keilmuan dipandang dari sisi normatifnya.

Pengaturan pemberian izin pemasangan reklame di Kota Medan, yaitu Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Peraturan Daerah Kota Medan Nomor 11 Tahun 2011 Tentang Pajak Reklame dan Peraturan Walikota Medan Nomor 38 Tahun 2014 Tentang Penataan Reklame. Prosedur pemberian izin pemasangan reklame berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 11 Tahun 2011 di Kota Medan. Mengajukan permohonan secara tertulis kepada Walikota dengan mengisi surat permohonan izinreklame, antara lain reklame papan/billboard/videotron/megatron kepada DTRTBdengan melampirkan Fotokopiidentitasdiri/penanggungjawab/penerimakuasa (KartuTandaPenduduk(KTP),Surat Izin Mengemudi (SIM) ataupaspor); Fotokopiakte pendirian perusahaan. Akibat hukum yang timbul bagi pemegang izin reklame, Pemegang izin reklame berhak untuk melakukan kegiatan penyelenggaraan/pemasangan reklame sesuai dengan izin yang diberikan. Pemegang izin reklame harus membayar retribusi izin, Pemegang izin bertanggung jawab secara penuh terhadap segala akibat yang ditimbulkan baik terhadap keselamatan orang maupun barang dari penyelenggaraan/pemasangan reklame.

 

Kata Kunci : Prosedur, Izin Pemasangan Reklame, Perda Kota Medan No. 11 Tahun 2011

* Mahasiswa Fakultas Hukum USU

** Dosen Pembimbing I/Dosen Fakultas Hukum USU

*** Dosen Pembimbing II / Dosen Fakultas Hukum USU


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.