TINJAUAN HUKUM ADMINISTRASI NEGARA TERHADAP PERANAN INSPEKTORAT DAERAH SEBAGAI PENGAWAS INTERNAL TERHADAP PELAKSANAAN URUSAN PEMERINTAHAN DAERAH BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NO. 23 TAHUN 2014 (Studi Kantor Inspektorat Kabupaten Toba Samosir)

Nenni Triana Simbolon, Suria Ningsih, Amsali sembiring

Abstract


ABSTRAK

TINJAUAN HUKUM ADMINISTRASI NEGARA TERHADAP PERANAN INSPEKTORAT DAERAH SEBAGAI PENGAWAS INTERNAL TERHADAP PELAKSANAAN URUSAN PEMERINTAHAN DAERAH BERDASARKAN

UU NO. 23 TAHUN 2014

(Studi Kantor Inspektorat Kabupaten Toba Samosir)

*Nenni Triana Simbolon

**Suria Ningsih,SH.,M.Hum

***Amsali Sembiring,SH.,M.Hum

 

Inspektorat adalah teknis daerah berbentuk badan yang merupakan unsur penunjang pemerintah daerah di bidang pengawasan yang dipimpin oleh seseorang kepala badan Inspektur yang melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan urusan pemerintahan di daerah kabupaten. Tujuan Inspektorat yaitu mewujudkan pemerintahan yang bersih dan bertanggung jawab melalui pengawasan yang professional sehingga dapat membantu pemerintah dalam pelaksanaan urusan pemerintahan daerah agar berjalan sesuai dengan rencana dan kebijakan yang telah ditetapkan.

Berdasarkan hasil analisis mengenai pelaksanaan fungsi pengawasan, khususnya pada Kantor Inspektorat Kabupaten Toba Samosir. Ternyata dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pengawasan baik dilihat dari pemeriksaan, pengujian hingga penyelidikan ternyata belum efektif, hal ini disebabkan karena adanya ketidaktepatan waktu dalam melakukan pengawasan, belum akuratnya data penyimpangan yang ditemukan aparatur pengawas di Kabupaten Toba Samosir.

Faktor yang mempengaruhi pelaksanaan penyelenggaraan fungsi pengawasan terhadap penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Toba Samosir adalah meliputi aparatur pengawas yang memiliki skill, pengetahuan di bidang pekerjaan yang ditangani dan selain itu tersedianya sarana dan prasarana yang mendukung pelaksanaan pengawasan yang dilakukan oleh Kantor Inspektorat di Kabupaten Toba Samosir.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh peran Inspektorat pada Pemerintah Daerah Kabupaten Toba Samosir dan mengetahui pengaruhnya terhadap pelaksanaan urusan pemerintahan.

Kata Kunci: Inspektorat, Pengawasan, Pemerintah Daerah

_______________________________

*Mahasiswa Fakultas Hukum USU

**Dosen Pembimbing I, Dosen Fakultas Hukum USU / Ketua Departemen HAN

***Dosen Pembimbing II, Dosen Fakultas Hukum USU

 

 


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.