PROSEDUR PENDIRIAN DAN PERIZINAN KOPERASI BERDASARKAN UNDANG-UNDANG KOPERASI No.17 tahun 2012 DITINJAU DARI SUDUT HUKUM ADMINISTRASI NEGARA (Studi kasus Koperasi Simpan Pinjam Cinta kasih Krakatau Bilal Medan)

Viktor Lugu Hamonangan Harianja, Suria Ningsih, Boy Laksamana

Abstract


ABSTRAK

PROSEDUR PENDIRIAN DAN PERIZINAN KOPERASI BERDASARKAN

UNDANG-UNDANG KOPERASI NO.17 TAHUN 2012 DITINJAU DARI

SUDUT HUKUM ADMINISTRASI NEGARA (STUDI KASUS

KOPERASI SIMPAN PINJAM CINTA KASIH  KRAKATAU BILAL MEDAN)

*Viktor Luga Hamonangan Hariandja

**Suria Ningsih

***Boy Laksamana

Proses pendirian dan perizinan Koperasi merupakan hal yang utama yang harus dilakukan oleh pendiri Koperasi sebelum melakukan aktivitasnya di masyarakat. Hal ini di atur dalam Undang-undang Koperasi nomor 17 tahun 2012.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis proses pendirian dan perizinan Koperasi studi kasus Koperasi Simpan Pinjam Cinta Kasih Krakatau Bilal Medan serta kendala-kendala yang dihadapi dalam proses penerbitan akta pendirian dan perizinan di Kota Medan. Jenis penelitian adalah penelitian hukum yuridis normatif yaitu tipe penelitian yang difokuskan untuk mengkaji penerapan kaedah-kaedah atau norma-norma dalam hukum positif.

Akta pendirian dan perizinan Koperasi berdasarkan Undang-undang nomor 17 tahun 2012 yang diperjelas pada Peraturan Menteri Negara Koperasi dan UKM nomor 1 tahun 2006 yaitu pasal 4 dan pasal 5 ayat (1) Para pendiri wajib mengadakan rapat persiapan tangga untuk keperluan pendirian koperasi yang dihadiri sekurang-kurangnya 20 (Dua Puluh) orang pendiri serta notaris dan pejabat yang berwenang. Kendala dalam penerbitan akta pendirian dan perizinan koperasi di Kota Medan antara lain pelayanan publik oleh instansi terkait dan lambannya proses penerbitan akta, serta mahalnya biaya notaris sebagai bagian dari proses administrasi Negara.

Kata kunci  : Prosedur pendirian dan perizinan koperasi

*Mahasiswa Fakultas Hukum USU

**Dosen Pembimbing I / Sekaligus Ketua Departemen Hukum Administrasi Negara Fakultas Hukum USU

***Dosen Pembimbing II / Dosen Fakultas Hukum USU


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.