HAK DAN KEWAJIBAN APARATUR SIPIL NEGARA MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 5 TAHUN 2014 TENTANG APARATUR SIPIL NEGARA DITINJAU DARI PERSPEKTIF HUKUM ADMINISTRASI NEGARA

Tiffani Tiara Naditya, Jusmadi Sikumbang, Suria Ningsih

Abstract


ABSTRAK

HAK DAN KEWAJIBAN APARATUR SIPIL NEGARA MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 5 TAHUN 2014 TENTANG APARATUR SIPIL NEGARA DITINJAU DARI PERSPEKTIF HUKUM ADMINISTRASI NEGARA

*Tiffani Tiara Naditya

**Dr. Jusmadi Sikumbang, SH., MS

***Suria Ningsih, SH., M.Hum

Pegawai Negeri Sipil Indonesia sebagai salah satu elemen personifikasi negara, telah diberikan keistimewaan untuk perlindungan terhadap profesinya, tentu disamping peningkatan kompetensi dan kualifikasi diri disahkannya Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah pengaturan kepegawaian dalam Undang-Undang Aparatur Sipil Negara. Pelaksanaan aparatur sipil negara dalam sistem otonomi daerah. Hak dan kewajiban Aparatur Sipil Negara menurut Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara Jenis penelitian yang digunakan yuridis normatif,  dengan melakukan dan penelitian melalui pendekatan terhadap asas-asas hukum yang mengacu pada norma-norma atau kaidah-kaidah hukum positif yang berlaku.

Pengaturan kepegawaian dalam UU ASN, Lembaga pemerintah non kementerian yang diberi kewenangan melakukan pembinaan dan menyelenggarakan Manajemen ASN secara nasional. Pelaksanaan aparatur sipil negara dalam sistem otonomi daerah. Hak Pegawai Negeri Sipil yang mana diatur dalam Pasal 21 UU ASN, adalah gaji, tunjangan, dan fasilitas, cuti, jaminan pensiun dan jaminan hari tua, perlindungan; dan pengembangan kompetensi. Kewajiban Pegawai Aparatur Sipil Negara yang selanjutnya disebut Pegawai ASN adalah setia dan taat pada Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Pemerintah yang sah. Melaksanakan kebijakan yang dirumuskan pejabat pemerintah yang berwenang. Menaati ketentuan peraturan perundang-undangan. Melaksanakan tugas kedinasan dengan penuh pengabdian, kejujuran, kesadaran, dan tanggung jawab. Menunjukkan integritas dan keteladanan dalam sikap, perilaku, Menyimpan rahasia jabatan dan hanya dapat mengemukakan rahasia jabatan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

 

Kata Kunci : Hak, Kewajiban Aparatur Sipil Negara

*Tiffani Tiara Naditya, Mahasiswa Fakultas Hukum USU

**Dr. Jusmadi Sikumbang, SH., MS, Dosen Fakultas Hukum USU

***Suria Ningsih, SH., M.Hum, Dosen Fakultas Hukum USU



Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.