EFEKTIVITAS PERATURAN DAERAH KOTA MEDAN NOMOR 3 TAHUN 2014 TENTANG KAWASAN TANPA ROKOK DI FAKULTAS HUKUM USU DITINJAU DARI HUKUM ADMINISTRASI NEGARA

Roni Yahya Milala, suria ningsih, afrita afrita

Abstract


ABSTRAK

EFEKTIVITAS PERATURAN DAERAH KOTA MEDAN NOMOR 3 TAHUN 2014 TENTANG KAWASAN TANPA ROKOK DI FAKULTAS HUKUM USU DITINJAU DARI HUKUM ADMINSITRASI NEGARA

* Roni Yahya Milala

**Suria Ningsih, SH., M.Hum

***Afrita, SH., M.Hum

Peraturan Daerah Kota Medan Nomor 3 Tahun 2014 tentang Kawasan Tanpa Rokok ini telah diberlakukan namun kenyataannya tujuan dari Perda tersebut belum terlaksana dengan maksimal. Di Fakultas Hukum USU sebagai sarana pendidikan yang digunakan oleh khalayak ramai masih ditemukan pelanggaran terhadap perda tersebut.  Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah penetapan kawasan tanpa rokok berdasarkan Peraturan Daerah Kota Medan Nomor 3 Tahun 2014 tentang Kawasan Tanpa Rokok. Penerapan Peraturan Daerah Kota Medan Nomor 3 Tahun 2014 tentang Kawasan Tanpa Rokok di Fakultas Hukum USU. Kendala dari pelaksanaan Peraturan Daerah Kota Medan Nomor 3 Tahun 2014 tentang Kawasan Tanpa Rokok di Fakultas Hukum USU.

Metode yang digunakan dalam pendekatan yuridis empiris dan yuridis normatif. Yuridis empiris yaitu cara prosedur yang dipergunakan untuk memecahkan masalah penelitian dengan meneliti data sekunder terlebih dahulu untuk kemudian dilanjutkan dengan mengadakan penelitian terhadap data primer di lapangan.

Penetapan kawasan tanpa rokok berdasarkan Peraturan Daerah Kota Medan Nomor 3 Tahun 2014 tentang Kawasan Tanpa Rokok yaitu fasilitas pelayanan kesehatan,  tempat proses belajar mengajar,  tempat anak bermain,  tempat ibadah, angkutan umum, tempat kerja dan tempat umum. Penerapan Perda Kota Medan No. 3 Tahun 2014 tentang KTR di Fakultas Hukum USU, belum adanya SK Rektor tentang Kawasan Tanpa Rokok di lingkungan Universitas Sumatera Utara, sehingga tidak ada tindakan bagi para perokok yang merokok di lingkungan kampus. Kendala dalam pelaksanaan Perda Kota Medan No. 3 Tahun 2014 tentang KTR di Fakultas Hukum USU, masih belum efektifnya, dikarenakan oleh beberapa faktor yaitu lemahnya sanksi yang dikenakan kepada para pelanggar, tidak adanya tim khusus di lingkungan Universitas Sumatera Utara khususnya di Fakultas Hukum yang dibentuk dalam penegakan pelaksanaan Perda KTR, kurangnya sarana dan fasilitas yang khusus menyediakan tempat untuk merokok di kawasan tanpa rokok, kurangnya kesadaran hukum mahasiswa yang masih melanggar dan melakukan kegiatan merokok pada kawasan tanpa rokok.

Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Penerapan Perda Kota Medan Nomor 3 Tahun 2014 tentang Kawasan Tanpa Rokok di Fakultas Hukum USU, belum adanya SK Rektor tentang Kawasan Tanpa Rokok di lingkungan Universitas Sumatera Utara, sehingga tidak ada tindakan bagi para perokok yang merokok di lingkungan kampus.Saran dalam penelitian ini perlu didukung dengan penyediaan ruangan khusus merokok yang nyaman serta mudah dijangkau bagi para perokok aktif dan peraturan larangan merokok disosialisasikan kepada mahasiswa.

Kata Kunci : Efektivitas Kawasan Tanpa Rokok

* Mahasiswa

** Dosen Pembimbing I

*** Dosen Pembimbing II


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.