PENILAIAN PRESTASI KERJA APARATUR SIPIL NEGARA DI TINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 5 TAHUN 2014 TENTANG APARATUR SIPIL NEGARA (ASN) (Studi di Kantor DISPERINDAG Kota Medan)

anisa herwina, suria ningsih, afrita afrita

Abstract


ABSTRAK

PENILAIAN PRESTASI KERJA APARATUR SIPIL NEGARA DI TINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 5 TAHUN 2014 TENTANG APARATUR SIPIL NEGARA (ASN)

(Studi di Kantor DISPERINDAG Kota Medan)

*Annisa Herwina

**Suria Ningsih

***Affila

 

Sumber daya aparatur mempunyai peran penting dalam mengembangkan tatanan pemerintahan. Penggerak dari sistem organisasi pemerintahan adalah manusia yang ada di dalamnya, yaitu pegawai yang bekerja dalam kerangka tugas, fungsi dan tanggung jawabnya. Rendahnya kualitas Sumber Daya ManusiaAparatur Sipil Negara terjadi karena adanya masalah yang ditemui di instansi pemerintah terutama mengenai penilaian prestasi kerja pegawai.

Permasalahan yang diangkat dalam jurnal ini adalah bagaimana profesionalisme kinerja Aparatur Sipil Negara, penilaian prestasi kerja Aparatur Sipil Negara menurut Undang-Undang No 5 Tahun 2014, dan bagaimana penerapan penilaian prestasi kerja Aparatur Sipil Negara menurut Undang-Undang No 5 Tahun 2014 di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Medan.

Pasal 1 angka (1) Undang-Undang No 5 Tahun 2014 menyebutkan bahwa Aparatur Sipil Negara adalah profesi bagi Pegawai Negeri Sipil dan Pegawai  Pemerintah Perjanjian Kerja yang bekerja pada instansi Pemerintah.Sistem penilaian prestasi kerja Aparatur Sipil Negara di  Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Medan berdasarkan disiplin, aktif, dan juga profesional. Namun, ada beberapa hambatan sepertiPejabat Penilainya kurang objektif dalam menilai seperti adanya hallo effect, kurangnya objektivitas, terlalu longgar dan terlalu ketat, kecenderungan memberikan nilai tengah, bias perilaku terbaru. Penyelesaian dalam mengatasi hambatan tersebut yaitu berorientasi pada masa lalu dan yang kedua penilaian yang berorientasi pada masa depan, sehingga Pejabat Penilai di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Medan tidak lagi melakukan kekeliruan dalam menilai prestasi kerja Aparatur Sipil Negara.

Kata Kunci : Profesionalisme kerja, Disiplin Kerja, Penilaian Prestasi Kerja Aparatur Sipil Negara

 

 

*Mahasisiwi Departemen Hukum Administrasi Negara

**Dosen Pembimbing I

***Dosen Pembimbing II

 

 


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.