E-Government Dalam Upaya Mewujudkan Asas Umum Pemerintah Yang Baik (AUPB) di Kota Binjai

Fahrezi Fahrezi, Agusmidah Agusmidah, Suria Ningsih

Abstract


ABSTRAK

E-Government Dalam Upaya Mewujudkan Asas Umum Pemerintah Yang Baik (AUPB) di Kota Binjai

Fahrezi *)

Surya Ningsih **)

Agusmidah ***)

 

Penerapan Electronic Government (e-government) dalam rangka mewujudkan Good Government adalah salah satu wujud bagi pemerintah untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dan meningkatkan partisipasi aktif dalam pemberian informasi bagi masyarakat serta pemerintah dituntut untuk lebih efektif dalam memberikan informasi. Dalam hal ini Pemerintah sebagai penyelenggara Good Goverment, masih banyak menemukan hambatan dalam penerapannya.

Terkait dengan penelitian tentang kendala pelaksanaan e-government di Kota Binjai, perkembangan e-government di Kota Binjai dapat di adakan secara efektif dan efisien jika ada dukungan antara segala pihak mulai dari pemerintah dan masyarakat. Penerapan e-government Indonesia dapat berjalan dengan baik jika jangka waktu dan dana yang jelas akan pengembangannya.

Pemerintah Kota Binjai dalam mempersiapkan pembangunan Kota Binjai dalam lima tahun kedepan akan dibangun dalam perwujudan e-government yang melingkupi pemerintahan yang cerdas, sumber daya manusia yang cerdas, infrastruktur pendukung mobilitas masyarakat yang produktif dan akan membuka peluang masyarakat lebih banyak lagi untuk kesejahteraan, perekonomian tinggi dengan dukungan pengelolaan sumber daya alam berwawasan lingkungan. Penerapan konsep e-government yang dilakukan Pemerintah Kota Binjai memerlukan persiapan yang sangat matang, terutama dalam mendisiplinkan aparatur pemerintahan yang akan menjalankannya perlu diteliti karena merupakan kota yang memiliki potensi dan seharusnya bisa membuat masyarakat menjadi sejahtera dan dengan program inovasi yang dipersiapkan pemerintah Kota Binjai. Penelitian ini mencoba untuk menguraikan Bagaimana langkah-langkah yang dipersiapkan menuju Binjai Smart City, dan hambatan apa saja yang dialami menuju Binjai Smart City.

 

Kata Kunci : E-government, Azas Umum Pemerintahan Yang Baik, Kota Binjai

 

 

*) Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara

**) Dosen Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara

***) Dosen Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.