PENERAPAN DISPLIN APARATUR SIPIL NEGARA MENURUT UNDANG-UNDANG NO 5 TAHUN 2014 DITINJAU DARI PERSPEKTIF HUKUM ADMINISTRASI NEGARA (Studi SDN 112138 Labuhan Batu)

Rudi Akbar Setiadi Hasibuan, Suria Ningsih, Amsali Sembiring

Abstract


ABSTRAK

PENERAPAN DISIPLIN APARATUR SIPIL NEGARA MENURUT UNDANG-UNDANG NO 5 TAHUN 2014 DITINJAU DARI PERSPEKTIF HUKUM ADMINISTRASI NEGARA

Studi SDN 112138 Labuhanbatu)

*Rudi Akbar Setiadi Hasibuan

**Suria Ningsih, SH, M.Hum

***Amsali Sembiring, SH., M.Hum

Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagai unsur utama sumber daya manusia (SDM) aparatur negara mempunyai peranan yang menentukan keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan. Berbagai permasalahan yang mengakibatkan sistem penyelenggaraan pemerintahan diperkirakan tidak berjalan dengan baik harus ditata ulang atau diperbaharui. Permasalahan penelitian ini pengaturan hukum terhadap pemberian sanksi kepada aparatur sipil negara di SDN 112138 Labuhan Batu. Penerapan Displin Aparatur Sipil Negara menurut Undang-Undang No 5 Tahun 2014 Ditinjau dari Perspektif Hukum Administrasi Negara dan hambatan dan upaya mengatasi hambatan dalam penerapan displin Aparatur Sipil Negara menurut Undang-Undang No 5 tahun 2014 di SDN 112138 Labuhanbatu.

Jenis penelitian ini adalah yuridis normatif didukung oleh data empiris, sumber data primer dan sumber data sekunder bahan bukum primer, bahan hukum sekunder dan bahan hukum tersier.

Pengaturan hukum terhadap pemberian sanksi kepada Aparatur Sipil Negara di SDN 112138 Labuhanbatu, yaitu Pasal 33 UU ASN PNS melakukan disiplin yang dilakukan pegawai ASN dikenakan sanksi administrasi. PP Nomor 53/2010, untuk PNS yang tidak masuk sebanyak 1-5 hari terkena sanksi ringan berupa teguran lisan, sedangkan untuk 6-10 hari berupa sanksi teguran tertulis, untuk 11-15 hari terkena sanksi pernyataan tidak puas dari pimpinan, dan yang paling berat bagi PNS yang tidak masuk sebanyak 31-46 hari atau lebih. Penerapan disiplin ASN Menurut UU ASN 2014 Ditinjau dari Perspektif Hukum Administrasi Negara terhadap ASN yang melakukan pelanggaran disiplin sudah berjalan, namun terdapat bagian-bagian pelanggaran yang belum terlalu maksimal pemberian hukumannya. Adapun pelanggaran-pelanggaran disiplin yang dilakukan oleh ASN di SDN 112138 Labuhanbatu seperti masalah disiplin waktu kerja, implementasi penerapan aturannya belum terlalu maksimal dan belum terlalu adil perlakuan pemberian hukuman terhadap pegawainya. Hambatan dalam penerapan disiplin ASN menurut UU ASN di SDN 112138 Labuhanbatu. Masih rendahnya kesadaran pegawai untuk berbuat dan bersikap disiplin dalam pelaksanaan tugas misalnya keterlambatan masuk kerja.Sedangkan upaya yang dilakukan pembinaan ASN pada segi operasional, pengawasan secara langsung maupun secara fungsional dan hal ini dimaksudkan untuk mencegah timbulnya berbagai pelanggaran disiplin yang dilakukan oleh para ASN.

Kata Kunci : Penerapan, Disiplin, Aparatur Sipil Negara1

 




*) Rudi Akbar Setiadi Hasibuan Mahasiswa Fakultas Hukum

**) Suria Ningsih, SH, M.Hum Dosen Pembimbing I

***) Amsali Sembiring, SH., M.Hum Dosen Pembimbing II


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.