PROSEDUR PEROLEHAN IZIN OPERASIONAL BECAK BERMOTOR DI KOTA MEDAN (Studi Dinas Perhubungan Kota Medan)

AHMAD IDRIS LUBIS

Abstract


Secara legal, betor di Medan harus memiliki izin operasional, izin usaha angkutan dan kondisi kendaraan laik jalan. Dinas Perhubungan Kota Medan sendiri telah menetapkan plafon 26.200 unit bagi unit usaha yang ingin mengoperasikan Betor,  Adapun permasalahan dalam penelitian ini pengaturan perizinan angkutan becak bermotor (Betor) di kota Medan. Prosedur pemberian izin operasional becak bermotor di Kota Medan. Pengawasan dan sanksi terhadap pelanggaran operasional becak bermotor di Kota Medan.

Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian hukum normatif, penelitian yang dilakukan bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan data sekunder (library research) dan wawancara (field research), dianalisis dengan menggunakan metode kualitatif.

Pengaturan perizinan angkutan becak bermotor (Betor) di kota Medan, Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Keputusan Walikota Medan No. 551.21/466K/2004 tentang Kewajiban Angkutan Kendaraan Bermotor Roda Tiga untuk Memperoleh Trayek Pengoperasian di Kota Medan. Prosedur pemberian izin operasional becak bermotor di Kota Medan, yaitu izin usaha, izin operasi, beli becak bermotor, selanjutnya mengurus STNK, mengurus KIR/spesifikasi, mengurus plafond, serta mengurus kartu pengawasan (KPS) selanjutnya becak bermotor dapat beroperasi. Pengawasan dan sanksi terhadap pelanggaran operasional becak bermotor di Kota Medan, Pengenaan sanksi terhadap becak motor yang melanggar izin operasional oleh Dinas Perhubungan Kota Medan berupa pembekuan izin operasional becak bermotor.

Kesimpulan dari hasil penelitian pengawasan dan sanksi terhadap pelanggaran operasional becak bermotor di Kota Medan, Pengenaan sanksi terhadap becak motor yang melanggar izin operasional oleh Dinas Perhubungan Kota Medan berupa pembekuan izin operasional becak bermotor. Saran Dinas Perhubungan Kota Medan, sebaiknya melakukan sosialisasi kepada pemilik becak bermotor dalam memperolah izin operasional, sehingga becak bermotor yang ada di Kota Medan dapat diterdeteksi jumlahnya.

 

 

Kata Kunci : Becak Bermotor, Prosedur, Perolehan Izin Operasional


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.