TINJAUAN ATAS PERBANDINGAN PENDAFTARAN TANAH MELALUI PROYEK OPERASI NASIONAL AGRARIA (PRONA) DENGAN PENDAFTARAN TANAH SISTEMATIS LENGKAP (PTSL) DI KOTA MEDAN

Andreas K ristian A. Simamora

Abstract


masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, Pemerintah telah membuat beberapa kebijakan terkait percepatan pendaftaran tanah di Indonesia diantaranya yaitu melalui PRONA dan PTSL. Kedua kebijakan tersebut pada dasarnya memiliki tujuan yang sama namun memiliki perbedaan pada pelaksanaanya yang berdampak pada hasil yang berbeda pula. Hal inilah yang kemudian diangkat menjadi perumusan masalah dalam skripsi ini yaitu Bagaimana pelaksanaan pendaftaran tanah melalui kebijakan pendaftaran tersebut dan bagaimana hasil yang diperoleh baik pendaftaran tanah melalui PRONA maupun PTSL dengan menjadikan Kota Medan sebagai lokasi penelitian.
Untuk menjawab masalah tersebut jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah dengan metode penelitian hukum empiris (Field Research). Dimana data yang diperoleh melalui wawancara dan pengkajian dokumen dari instansi terkait yaitu Kantor Pertanahan Kota Medan. Data akan dikomparasikan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, khususnya PERMEN ATR/KBPN Nomor 28 tahun 2016 jo. PERMEN ATR/KBPN Nomor 4 tahun 2015 dan PERMEN ATR/KBPN Nomor 6 Tahun 2018 tentang Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap serta Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 1997 tentang Pendaftaran Tanah.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan Penulis, pada dasarnya pendaftaran tanah melalui PRONA dan PTSL di Kota Medan tidak ditemukan perbedaan yang signifikan, hanya saja pelaksanaan Pendafataran tanah melalui PRONA tidak mewajibkan seluruh daerah yang ditetapkan dalam penetapan lokasi untuk didaftarkan tanahnya sedangkan PTSL mewajibkan seluruhnya untuk didaftarkan. Dari segi pencapaian target pelaksanaan pendaftaran tanah di Kota Medan melalui PRONA pada tahun 2016 telah menerbitkan sertipikat (K1) sebanyak 1170 bidang tanah sedangkan PTSL pada tahun 2017 dan 2018 masing-masing telah menerbitkan sertipikat (K1) sebanyak 9700 dan 9300 bidang tanah.
Kata Kunci : Pendaftaran Tanah, PRONA, PTSL.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.