Tanggung Jawab Kepala Desa Sebagai PPAT Sementara Dalam Penerbitan Akta Jual Beli Tanah

WENDY WENDY

Abstract


Affan Mukti, S.H., M.Hum

*** Zaidar, S.H., M.Hum

Dewasa ini, peran Kepala Desa Sebagai PPAT Sementara sangat penting dalam pembuatan akta jual beli tanah. Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 37 Tahun 1998 juncto Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2016 tentang Peraturan Jabatan Pejabat Pembuat Akta Tanah, Pejabat Pembuat Akta Tanah Sementara adalah Pejabat Pemerintah yang ditunjuk karena jabatannya untuk melaksanakan tugas PPAT dengan membuat akta PPAT di daerah yang belum cukup terdapat PPAT.

Perumusan masalah dalam skripsi ini yaitu bagaimana peran Kepala Desa sebagai PPAT Sementara dalam transaksi yang berkaitan dengan pembuatan akta tanah, dalam pembuatan akta jual beli tanah, serta bagaimana tanggung jawab hukum Kepala Desa sebagai PPAT Sementara dalam pembuatan akta jual beli tanah di daerah pedesaan.

Metode yang digunakan adalah penelitian yuridis normative, sumber data yang digunakan adalah bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, bahan hukum tertier. Teknik pengumpulan data dengan cara studi kepustakaan. Teknik analisa data menggunakan metode kualitatif.

Setelah dilakukan pembahasan diketahui bahwa adanya peraturan hukum yang mengatur Kepala Desa sebagai PPAT Sementara yang terdapat pada pasal 5 ayat (3) PP 37 Tahun 1998. Kewenangan PPAT Sementara sendiri tercantum dalam Pasal 3 PP 37 Tahun 1998, PPAT Sementara mempunyai kewenangan untuk membuat akta otentik mengenai semua perbuatan hukum, mengenai hak atas tanah dan hak milik satuan rumah susun yang terletak di daerah pedesaan. Serta dijumpainya hal-hal yang berkaitan dengan  jual beli tanah dalam Pasal 26 ayat (1) UUPA yang merupakan objek dari penulisan skripsi ini. Adapun hal-hal lain yang berkaitan adalah tentang kesalah gunaan kewenangan yang dilakukan oleh Kepala Desa sebagai PPAT Sementara dalam menerbitkan suatu akta jual beli tanah. Dari masalah-masalah ini muncul suatu tanggung jawab dan akibat hukum apabila Kepala Desa sebagai PPAT Sementara melakukan kesalahan dalam pembuatan akta jual beli tanah di daerah pedesaan.

 

Kata Kunci : Kepala Desa, PPAT Sementara, Akta Jual Beli, Tanah


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.