IMPLEMENTASI TENTANG PENYELENGGARAKAN REKLAME DI TINJAU DARI PERATURAN DAERAH NOMOR 11 TAHUN 2011 (Studi Pada Dinas Pendapatan Kota Medan)

fernando tarigan, suria ningsih, amsali sembiring

Abstract


IMPLEMENTASI TENTANG PENYELENGGARAKAN REKLAME DI TINJAU DARI PERATURAN DAERAH NOMOR 11 TAHUN 2011

(Studi Pada Dinas Pendapatan Kota Medan)

Fernando Tarigan*

Suria Ningsih**

Amsali Sembiring **

Reklame papan/ billboard adalah reklame yang terbuat dari papan kayu, calli brete, vinyle termasuk seng atau bahan lain yang sejenis dipasang atau digantungkan atau dipasang pada bangunan, halaman, di atas bangunan. Reklame Megatron/ Videotron/Large Elektronic Display (LED) adalah reklame yang menggunakan layar monitor besar berupa program reklame atau iklan bersinar dengan gambar dan/ atau tulisan berwarna yang dapat berubah-ubah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah pengawasan terhadap penyelenggaraan reklame di Kota Medan. Bagaimana implementasi tentang Peraturan Daerah Nomor 11 Tahun 2011 Tentang Penyelenggaraan Reklame. Hambatan Pelaksanaan Peraturan Daerah Nomor 11 Tahun 2011 Tentang Penyelenggaraan Reklame.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian yuridis normatif yaitu dengan mengkaji dokumen-dokumen dengan menggunakan berbagai tolak ukur dari peraturan-peraturan yang mengatur tentang implementasi peraturan daerah pada umumnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis-empiris.

Pengawasan terhadap penyelenggaraan reklame di Kota Medan, Dinas Pendapatan Daerah Kota Medan memiliki sistem kontrol perpajakan berupa pengawasan penyetoran pajak reklame. Sistem kontrol perpajakan yang digunakan oleh Dinas Pendapatan Daerah Kota Medan merujuk pada Peraturan Daerah Kota Medan Nomor 11 Tahun 2011 Tentang Pajak Reklame. Implementasi dari adanya peraturan di atas yaitu peraturan daerah dan keputusan walikota tersebut adalah bahwa setiap para pihak yang ingin memasang reklame di wilayah hukum daerah Kota Medan harus atau diwajibkan untuk memiliki izin dari pemerintah Kota Medan. Hambatan Pelaksanaan Peraturan Daerah Nomor 11 Tahun 2011 Tentang Penyelenggaraan Reklameantara lain belum maksimalnya tingkat keberhasilan implementasi kebijakan pajak reklame.

 

Kata Kunci : Implementasi Peraturan Daerah Nomor 11 Tahun 2011

*Mahasiswa

** Dosen Pembimbing I, Ketua Departemen Hukum Administrasi Negara

**Dosen Pembimbing II, Dosen Fakultas Hukum USU

 


 


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.