Pemetaan Karbon Organik Dan Salinitas Lahan Sawah Pada Pola IP100 Dan IP200 Di Desa Tanjung Rejo Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang

Jamil Muhammad, Razali Razali, Lubis Sari Kemala

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebaran kandungan karbon organik tanah dan salinitas dilahan sawah dengan indeks penanaman (IP) 100 dan 200. Berlokasi didesa Tanjung Rejo kecamatan Percut Sei Tuan kabupaten Deli Serdang serta Laboratorium Sistem Informasi Geografis dan Laboratorium Kimia dan Kesuburan Tanah Fakultas Pertanian Universitas SumateraUtara. Dilaksanakan pada bulan april sampai dengan oktober 2016. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode Survei Grid Bebas tingkat survei semi detail (kerapatan pengamatan 1 sampel tiap 25 Ha). Parameter pengamatan karbon organik (Walkley and Black) dan salinitas (DHL meter) serta kuisener pola managemen lahan. Analisis data menggunakan metode Interpolasi.

Hasil analisis menunjukkan bahwa penyebaran karbon organik terbagi atas tiga kriteria rendah, sedang, tinggi dengan persentasi luas untuk IP 100 yaitu 38% rendah, 58% sedang, 5 % tinggi. Sedangkan IP 200, 41% rendah, 57% sedang dan 2% tinggi. Untuk penyebaran salinitasnya hanya digolongkan berkriteria rendah baik untuk IP100 dan IP200. Tidak terjadi korelasi antara karbon organik dan salinitas.

 

Kata kunci : indeks penanaman, interpolasi, karbon organik, salinitas


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

Creative Commons License Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)


Program studi Agroteknologi

Fakultas Pertanian

Jl. Prof. A. Sofyan no. 3

Kampus Universitas Sumatera Utara

Padang Bulan- 20155

Medan-Sumatera Utara

E ISSN (2337-6597)