ANALISIS FINANSIAL DAN PEMASARAN STROBERI

Ahmad Fauzi, Luhut Sihombing, M. Jufri

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan pada tahun 2014. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui kelayakan usaha budidaya stroberi secara finansial dilokasi pertanian didaerah penelitian dan untuk mengetahui tataniaga stroberi meliputi saluran tata niaga, margin dan efisiensinya didaerah penelitian. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa usaha budidaya stroberi di daerah penelitian layak untuk diusahakan dengan nilai R/C sebesar 13,5 dan B/C sebesar 4,40. Tataniaga stoberi di daerah penelitian terbagi 3 saluran pemasaran yaitu : saluran I : petani, pedagang pengumpul kecamatan, pedagang luar daerah, konsumen. Saluran II : petani, pedagang pengecer, konsumen. Saluran III : petani dan langsung ke konsumen. Untuk saluran pemasaran I Keuntungan pemasaran untuk stroberi sebesar Rp 9.100 per kg dan margin pemasaran untuk stroberi sebesar Rp 15.000 per kg, nilai Farmer's share yang >50 % maka saluran pemasaran I efisien secara ekonomi. Untuk Saluran pemasaran II keuntungan pemasaran sebesar Rp 19.400 per kg. Marjin pemasaran pada Rp 30.000 per kg, Farmer's share pada saluran pemasaran II sebesar 62,50 % sehingga saluran pemasaran II sudah efisien secara ekonomis. Untuk saluran pemasaran III keuntungan  pemasaran  sebesar  Rp 79.500 per kg, farmer's share pada saluran pemasaran III memiliki nilai >50 % yaitu sebesar  100 %,  sehingga  saluran pemasaran III sudah efisien secara ekonomis.

 

Kata Kunci : R/CRatio, Net Benefit Cost Ratio, Payback Period,


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.