ANALISI PENDAPATAN DAN PEMASARAN HASIL USAHATANI CABAI MERAH (Kasus: Desa Telaga Jernih, Kec. Secanggang, Kab. Langkat)

Vicky George, Luhut Sihombing, Salmiah Salmiah

Abstract


Tujuan penelitian  ini  adalah  sebagai  berikut untuk mengetahui  bagaimana tahapan budidaya  tanaman cabai merah serta besar pendapatan hasil usahataninya serta  untuk menganalisis  kelayakan  finansial  usahatani  cabai  merah  dan juga untuk menganalisis  tingkat efisiensi  pemasaran  hasil  usahatani  cabai  merah  di daerah  penelitian. Penentuan  daerah  penelitian dilakukan secara  purposive atau secara sengaja. Metode pengambilan sampel adalah metode Sensus.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa;   tahapan budidaya  cabai merah  meliputi pengolahan  lahan,  persemaian  benih, penanaman  bibit,  pembuatan  bedengan, pemasangan mulsa, pemeliharaan, pemupukan  serta pemanenan; pendapatan usahatani  sebesar Rp. 47.955.917 per musim  tanam  dan pendapatan  per hektar sebesar Rp. 211.034.585,7 per musim tanam;  usahatani cabai merah layak secara finansial untuk diusahakan, dengan nilai R/C ratio dan B/C ratio lebih besar dari satu (R/C ratio = 7,1 dan B/C  ratio = 6,2);   terdapat dua saluran  pemasaran  di daerah penelitian yang menunjukkan  bahwa saluran II  merupakan saluran yang paling efieien.

Kata Kunci: Cabai Merah, Pendapatan, Kelayakan Finansial, Pemasaran.

 


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.