ANALISI PENDAPATAN DAN PEMASARAN HASIL USAHATANI CABAI MERAH (Kasus: Desa Telaga Jernih, Kec. Secanggang, Kab. Langkat)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut untuk mengetahui bagaimana tahapan budidaya tanaman cabai merah serta besar pendapatan hasil usahataninya serta untuk menganalisis kelayakan finansial usahatani cabai merah dan juga untuk menganalisis tingkat efisiensi pemasaran hasil usahatani cabai merah di daerah penelitian. Penentuan daerah penelitian dilakukan secara purposive atau secara sengaja. Metode pengambilan sampel adalah metode Sensus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; tahapan budidaya cabai merah meliputi pengolahan lahan, persemaian benih, penanaman bibit, pembuatan bedengan, pemasangan mulsa, pemeliharaan, pemupukan serta pemanenan; pendapatan usahatani sebesar Rp. 47.955.917 per musim tanam dan pendapatan per hektar sebesar Rp. 211.034.585,7 per musim tanam; usahatani cabai merah layak secara finansial untuk diusahakan, dengan nilai R/C ratio dan B/C ratio lebih besar dari satu (R/C ratio = 7,1 dan B/C ratio = 6,2); terdapat dua saluran pemasaran di daerah penelitian yang menunjukkan bahwa saluran II merupakan saluran yang paling efieien.
Kata Kunci: Cabai Merah, Pendapatan, Kelayakan Finansial, Pemasaran.
Refbacks
- There are currently no refbacks.