Gambaran Rinosinusitis Kronis Di RSUP Haji Adam Malik pada Tahun 2011

Privina Arivalagan

Abstract


Abstrak

Penyakit rinosinusitis merupakan salah satu penyakit yang sering dikeluhkan dengan berbagai tingkatan gejala. Rinosinusitis adalah suatu penyakit dengan peradangan pada mukosa yang melapisi hidung serta sinus paranasal.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran rinosinusitis kronis yang terjadi di RSUP Haji Adam Malik pada tahun 2011. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis deskriptif. Penelitian ini dilakukan di RSUP Haji Adam Malik pada bulan Oktober dengan jumlah sampel sebanyak 190 orang. Sampel dipilih dengan cara total sampling.

Dari 190 sampel rinosinusitis kronis, diperoleh insidensi penyakit ini paling sering pada rentang umur 31-45 tahun (31,6%), perempuan lebih rentan mendapat rinosinusitis kronis (54,2%) dan keluhan utama yang paling banyak didapati adalah hidung tersumbat (56,8%). Faktor predisposisi yang tidak dicantumkan untuk memicu kejadian ini menempati tempat paling sering (63,2%), manakala sinus maksilaris (54,6%) merupakan sinus yang paling sering mengalami kelainan dalam penyakit rinosinusitis kronis. Kejadian sinusitis secara unilateral adalah yang paling sering terjadi (48,4%).

 

Kata kunci : Rinosinusitis kronis


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.