ANALISIS KRIMINOLOGI TERHADAP FAKTOR PENYEBAB PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA DAN PEMBINAAN TERHADAP WARGA BINAAN DI SIBOLANGIT CENTRE REHABILITION FOR

DITA CLARIESTA KRISTINA Br GINTING

Abstract


penggunaan narkotika  awal tahun 200 sebelum masehi ialah sebagai alat bagi upacara ritual, di samping itu digunakan untuk pengobatan, namun bila digunakan melebihi dosis/ ukuran yang tidak benar maka menimbulkan gangguan kesehatan pemakai, bahkan mengakibatkan kematian. Pengobatan dan rehabilitasi terhadap pecandu narkotika dilakukan dengan maksud memulihkan dan mengembangkan kemampuan fisik mental dan sosial penderitaan yang bersangkutan.

Permasalahan yang diangkat dalam skripsi ini adalah bagaimana perkembangan pengaturan tindak pidana narkotika di Indonesia. Faktor-Faktor apa yang menjadi penyebab penyalahgunaan narkotika yang dilakukan warga binaan di sibolangit centre rehabilitation for drug addict dan bagaimana pembinaan terhadap warga binaan di sibolangit centre rehabiliatation for drug addict.

Penulisan ini merupakan hukum normative dan yuridis sosiologis, yaitu data sekunder dengan penelitian perpustakaan, dan pengumpulan data primer melalui wawancara, hasil penelitian di analisi secara kualitatif yaitu menggambarkan keadaan-keadaan dari objek yang di teliti di lapangan.

Peraturan tentang narkotika memiliki dua perkembangan yaitu sebelum lahirnya Undang-Undang No.35 Tahun  2009 Tentang Narkotika dengan sesudah lahirnya Undang-Undang No.35 Tahun 2009 Tentang Narkotika, sebelum lahirnya Undang-Undang No.35 Tahun 2009 Tentang Narkotika No.35 Tahun 2009 Tentang Narkotika Banyak ditemukan ketidak cocokan lagi dikarenakan perkembagan zaman yang sudah semakin maju seperti Undang-Undang No.9 Tahun 1976 Tentang Narkotika dan Undang-Undang No.22 Tahun 1997 Tentang Narkotika perkembangan peraturan yang mengatur tindak pidana narkotika sesudah lahirnya Undang-Undang No.35 Tahun 2009 Tentang Narkotika. Perkembangan yang termasuk lingkup pidana narkotika pada Undang-Undang No.35 Tahun 2009 Tentang Narkotika sangat maju mengenai kebijakan pidana dan pembinaan baik yang dilakukan oleh penjabat dan kejahatan money loundring begitu pula dengan sanksi tindak pidana narkotika.

Faktor penyebab penyalahgunaan yang ada di sibolangit centre rehabiliatation for drug addict sangat beragam dan paling banyak dikarenakan faktor lingkungan, pekerjaan dan keluarga. Metode pemulihan di sibolangit centre rehabiliatation for drug addict antara lain terapi spiritual, tradisional, medis, terapi fisik dan kelompok penyembuhan.

 




*    Mahasiswa Departemen Hukum Pidana Fakultas Hukum USU

**   Dosen Pembimbing I dan Dosen Fakultas Hukum USU

***  Dosen Pembimbing II dan Dosen Fakultas Hukum USU


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.