Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Majalah Kedokteran Nusantara The Journal Of Medical School?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Majalah Kedokteran Nusantara (MKN) adalah berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara yang memuat karya ilmiah yang relevan dengan bidang kedokteran klinis, kedokteran dasar dan kesehatan masyarakat. Setiap artikel yang diterbitkan telah melalui proses telaah (review) oleh Mitra Bebestari (peer reviewers) yang kompeten di bidang ilmunya.

MKN terbit 4  kali dalam setahun dengan  memuat artikel sebagai berikut :

  1. Artikel Penelitian (Karangan Asli). Berisi artikel mengenal hasil penelitian orisinal penulis mengenai ilmu kedokteran dasar,klinis maupun kesehatan masyarakat dengan sistematika penulisan : Judul dan Penulis, Abstrak, Pendahuluan, Metode, Hasil, Diskusi, Simpulan dan Daftar Pustaka.
  2. Tinjauan Pustaka. Merupakan artikel hasil dari proses penelaahan kritis literatur mengenai suatu topik dengan sistematika penulisan: Judul dan Penulis, Abstrak, Pendahuluan, Tinjauan, Simpulan dan Daftar Pustaka.
  3. Laporan Kasus. Merupakan artikel yang mendiskusikan suatu kasus unik yang dijumpai di klinik. Sistematika penulisannya adalah: Judul dan Penulis, Abstrak, Laporan Kasus, Pembahasan, Simpulan dan Daftar Pustaka.

Petunjuk Umum

Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia dan belum pernah dipublikasikan atau tidak sedang dalam proses publikasi pada berkala ilmiah maupun prosiding. Penelitian yang dilakukan harus sudah mendapat persetujuan dari Komite Etik dan dicantumkan dalam naskah. Seluruh penulis harus menandatangani pernyataan bahwa telah membaca dan menyetujui naskah. Penulis juga harus menandatangani pernyataan pengalihan hak cipta kepada MKN untuk dapat menerbitkan, memperbanyak dan menyebarluaskan karya ilmiah tersebut .

Editor akan menilai kelayakan naskah dan mengirimkan naskah ke mitra bestari untuk ditelaah. Naskah yang perlu diperbaiki format atau isinya akan dikembalikan kepada penulis untuk diperbaiki. Artikel yang ditolak akan dikembalikan kepada penulis.

Petunjuk Penulisan Makalah

Naskah diketik dengan menggunakan MS Word,  dengan  huruf Times New Roman ukuran font 12, spasi 2 dengan ukuran kertas A4 dengan jarak tepi 2,5 cm atau 1 inci. Template penulisan artikel dapat diunduh dari website https://jurnal.usu.ac.id/index.php/jms.

1. Judul dan Nama Penulis

Judul terdiri dari maksimum 20 kata. Nama setiap penulis dituliskan berurutan sesuai dengan kontribusinya terhadap artkel tersebut. Nama penulis ditulis lengkap tanpa menggunakan gelar. Afiliasi penulis juga dituliskan. Anotasi huruf superscript dibelakang nama tiap penulis digunakan untuk menandai jika penulis memiliki afiliasi yang berbeda. Anotasi dengan asteriks digunakan untuk menandai penulis koresponden dan elamat emailnya.

2. Abstrak

Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dalam bentuk terstruktur dengan format I M R A D: Pendahuluan (Introduction), Metode (Methods), Hasil (Results) dan Simpulan (Conclusion) dengan jumlah maksimal 250 kata. Abstrak dibuat ringkas dan jelas, sehingga memungkinkan pembaca memahami isi artikel tanpa harus membaca seluruh makalah. Kata kunci (3-5 kata) diletakkan dibawah abstrak.

3. Teks Naskah

Teks naskah disusun menurut subjudul berikut: Pendahuluan, Metode, Hasil, Diskusi dan Simpulan.

Pendahuluan mencakup latar belakang penelitian dan menjelaskan mengapa kajian ini perlu dilakukan serta informasi dari literatur mengenai topik kajian tersebut.

Pada Metode dijabarkan mengenai teknik sampling, pengumpulan data serta analisis statistik yang dilakukan. Metode pengambilan/pengukuran data dijelaskan dengan singkat. Bila ada, spesifikasi alat dan bahan (nama perusahaan/nomor katalog) dicantumkan juga.

Pada subjudul Hasil dijabarkan hasil yang diperoleh dari penelitian yang dilakukan. Satuan pengukuran yang digunakan mengacu pada System International (S.I) unit yang ditulis dalam bentuk singkatan resmi (misal : mm, cm,m, g,kg,s). Suhu ditampilkan dalam bentuk derajat Celcius (ºC), tekanan darah dalam mmHg.

Tabel disajikan dalam naskah dengan diberikan nomor yang berurutan setelah kata “Tabel-“, sesuai dengan urutan penyebutannya di dalam naskah. Setiap tabel diberi judul singkat, dan setiap kolom diberikan subjudul. Penjelasan mengenai tabel dan singkatan yang digunakan dalam tabel pada bagian legenda di bawah tabel, bukan pada judul tabel. Jumlah tabel dalam naskah maksimal 6 buah.

Gambar dapat diintegrasikan ke dalam naskah dan diberi nomor setelah kata “Gambar-“ yang berurutan sesuai dengan urutan penyebutannya di dalam naskah, serta diberi judul. Keterangan mengenai gambar dituliskan pada bagian legenda dibawah gambar. Untuk hasil cetak yang optimal, gambar juga sebaiknya dikirimkan terpisah dalam bentuk ekstensi “.tiff” atau “.jpeg” dengan resolusi minimal 150 dpi. Bila gambar merupakan foto dari pasien atau gambar yang sudah dipublikasikan, maka harus disertai izin tertulis dari penerbit atau yang bersangkutan. Jumlah gambar dalam tiap naskah maksimal 6 buah.

Pada bagian Diskusi dijabarkan mengenai temuan dari hasil yang dibandingkan dengan temuan dari literatur. Jangan sekedar mengulang kembali penjelasan yang sudah dicantumkan pada bagian Hasil. Pesan dari keseluruhan artikel penelitian tersebut ditegaskan kembali pada bagian Simpulan.

4. Daftar Pustaka

Daftar pustaka ditulis mengacu kepada gaya penulisan Vancouver (superscript), yaitu diberi nomor sesuai dengan urutan kemunculannya didalam teks. Penulis sangat dianjurkan menggunakan perangkat lunak Mendeley atau yang sejenisnya. Literatur yang digunakan merupakan terbitan 10 tahun terakhir minimal 15 buah dan tidak lebih dari 50 literatur. Sebagian besar literatur harus bersumber dari artikel yang diterbitkan di jurnal ilmiah.

Artikel dikirimkan ke secara online melalui Open Journal System (OJS) ke :

https://jurnal.usu.ac.id/index.php/jms.

 

Atau ditujukan kepada Pimpinan Redaksi MKN

Jalan Dr. Mansur No. 5 (Ruang Sekretarian MKN)

Email : jms@usu.ac.id

 

 


 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Copyright Notice

Fakultas Kedoteran Universitas Sumatera Utara

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.

 


Majalah Kedokteran Nusantara- The Journal Medical School