ANALISIS DAYA DUKUNG DAN PENURUNAN ELASTIK PONDASI TIANG BOR (BORED PILE) DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALITIS DAN METODE ELEMEN HINGGA (STUDI KASUS PROYEK JALAN LAYANG KERETA API MEDAN-BANDAR KHALIPAH KM 2+600)

Iman Teguh Pradira

Abstract


Abstrak Penggunaan pondasi bored pile pada Proyek Jalan Layang Kereta Api oleh Direrktorat Jenderal Perkeretaapian yang berada di tengah kota yang padat merupakan pilihan tepat, karena dapat menyebabkan kerusakan pada bangunan di sekitarnya jika menggunakan tiang pancang serta desain diameter pile yang dibutuhkan relatif besar. Penelitian ini bertujuan untuk mencari nilai daya dukung aksial perencanaan pondasi bored pile berdasarkan data SPT menggunakan metode Reese and Wright, Metode Elemen Hingga dengan Software Plaxis dan program Allpile. Daya dukung lateral menggunakan metode Broms, serta dihitung penurunan elastik bored pile yang terjadi. Metode pengumpulan data adalah dengan melakukan observasi lapangan serta pengambilan data dari Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Sumatera Bagian Utara. Perhitungan daya dukung aksial tiang bor dengan program Allpile pada titik Bore Hole 49 adalah 1576,056 Ton pada kedalaman 29,800 m. Nilai ini tidak berbeda jauh dari hasil perhitungan menggunakan data SPT dengan metode Reese & Wright yaitu sebesar 1575,005 Ton pada kedalaman 30,450 m. Dari hasil PDA test juga didapat daya dukung ultimit pada kedalaman 30,100 m adalah 810,0 ton tidak jauh berbeda dengan Metode Elemen Hingga sebesar 845,267 ton pada kedalaman 29,800 m. Daya dukung lateral berdasarkan Metode Broms pada Bore Hole 49 secara analitis sebesar 154,424 Ton dan secara grafis sebesar 127,714 Ton. Penurunan elastis tunggal yang dihasilkan sebesar 24,186 mm. Penurunan dengan Metode Elemen Hingga adalah sebesar 3,610 mm. Dari keseluruhan metode perhitungan daya dukung serta penurunan yang terjadi akibat beban kerja, pondasi bored pile masih dalam kategori aman.  Kata Kunci: Kapasitas Daya Dukung, SPT, PDA, Metode Elemen Hingga, Penurunan Elastis, Bored Pile

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Benny Pradana