STUDI PENENTUAN PRIORITAS FAKTOR KETAHANAN RUAS JALAN NASIONAL TARUTUNG – SIMPANG PAL XI TERHADAP BENCANA

Irpanur rosyid

Abstract


Abstrak Transportasi merupakan suatu kegiatan perpindahan orang dan barang dari suatu tempat ke tempat lainnya dengan menggunakan sarana prasarana.Sistem jaringan adalah jaringan infrastruktur dan pelayanan transportsi yang menunjang pergerakan penduduk dengan kegiatannya (supply system). Makin tinggi kuantitas dan kualitas jaringan infrastruktur serta pelayanan transportasi, makin tinggi pula kuantitas dan kualitas pergerakan yang dihasilkan (Kusbiantoro, 2005). Resilience ( ketahanan) di bidang infrastruktur transportasi diperlukan agar mengurangi atau menghilangkan risiko jangka panjang terhadap orang dan harta benda dari dampak bahaya ( Godschalk 2002). Penelitian ini bertujuan untuk megetahui faktor (Resilience) ketahanan ruas jalan nasional Tarutung – Simpang Pal XI terhadap bencana yang dipakai dan untuk mengetahui pemilihan prioritas dalam ruas jalan nasional dan mengurangi resiko jangka panjang pada jalan nasional. Dari hasil wawancara kita dapat mengambil prioritas untuk faktor ketahanan Transportasi. Dari hasil analisis dengan menggunakan Analytical Hierarci Process (AHP) didapat kriteria Teknik dan Kelembagaan mempunyai perbedaan yang relatif rendah yaitu: Teknik 46,25 % dan Kelembagaan 53,75%. Untuk Subkriteria Teknik, Kecepatan penanganan mempunyai bobot yang paling besar yaitu 31,69%, sedangkan untuk Subkriteria Kelembagaan bobot yang paling besar adalah Alokasi Sumber daya yaitu 17,01%. Kata Kunci : Sistem Transportasi, Resilience ( Ketahanan), Analytical Hierarchi Process (AHP)

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Benny Pradana