ANALISIS DAYA DUKUNG DAN PENURUNAN ELASTIK PONDASI TIANG BOR (BORED PILE) DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALITIS DAN SOFTWARE PLAXIS V.8.6 (STUDI KASUS PROYEK JALAN LAYANG KERETA API MEDAN - BANDAR KHALIPAH KM 0+600)

Muhammad Fahmi Siregar

Abstract


ABSTRAK  Pondasi merupakan suatu pekerjaan yang sangat penting dalam suatu pekerjaan teknik sipil, karena pondasi inilah yang memikul dan menahan suatu beban yang bekerja diatasnya yaitu beban konstruksi atas. Penggunaan pondasi bored pile pada Proyek Jalan Layang Kereta Api oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian yang berada di tengah kota yang padat merupakan pilihan tepat, karena dapat menyebabkan kerusakan pada bangunan di sekitarnya jika menggunakan tiang pancang serta desain diameter pile yang dibutuhkan relatif besar. Penelitian ini bertujuan untuk mencari nilai daya dukung aksial perencanaan pondasi bored pile berdasarkan data SPT, menggunakan metode Reese and Wright, Metode Elemen Hingga dengan Software Plaxis. Daya dukung lateral menggunakan metode Broms, serta dihitung penurunan elastik bored pile yang terjadi. Perhitungan daya dukung aksial tiang bor menggunakan data SPT dengan metode Reese & Wright yaitu sebesar 1466,05 Ton pada kedalaman 33 m. Dari hasil PDA test juga didapat daya dukung ultimit pada kedalaman 33 m adalah 822,90 ton, tidak jauh berbeda dengan hasil perhitungan dengan software plaxis sebesar 851,16 ton pada kedalaman 33 m. Daya dukung lateral berdasarkan Metode Broms pada Bore Hole - 20 secara analitis sebesar 157,50 Ton dan secara grafis sebesar 128,53 Ton. Penurunan elastis tunggal yang dihasilkan sebesar 20,38 mm. Penurunan dengan software plaxis adalah sebesar 8,46 mm. Dari keseluruhan metode perhitungan daya dukung serta penurunan yang terjadi akibat beban kerja, pondasi bored pile masih dalam kategori aman.   Kata Kunci : Kapasitas Daya Dukung, SPT, PDA, Plaxis, Penurunan Elastis

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Benny Pradana