Analisis Daya Dukung Pondasi Bored Pile BH 48 dengan Program Software Plaxis (Studi Kasus Jalan Layang Kereta Api Medan – Kualanamu KM 3+300)

Irpan Ramadhan

Abstract


Abstrak Pondasi Bored Pile merupakan pilihan terbaik mengingat mobilisasi peralatan pengeboran dan material bored pile ke lokasi rencana jembatan tidak sulit dilakukan sehingga biaya untuk pekerjaan pondasi lebih efisien. Pada Proyek Pembangunan Jalan Layang KA (Elevated Track) Medan-Bandar Khalipah km 3 + 300 pier No. 119 akan mencari nilai daya dukung ultimate pondasi bored pile berdasarkan data SPT, data PDA, dan Metode Elemen Hingga dengan program Plaxis. Daya dukung kelompok pondasi bored pile dengan menggunakan metode Converse-Labarre, metode Los Angeles, dan metode Seiler-Keeney, menghitung penurunan elastis bored pile menggunakan metode Poulus-Davis, serta menghitung besar nilai excess pore pressure sebelum proses konsolidasi dan setelah proses konsolidasi dengan menggunakan program Plaxis. Metode pengumpulan data adalah dengan melakukan observasi lapangan serta pengambilan data dari Balai Teknik Perkeretaapian Sumatera Bagian Utara. Perhitungan Qu bored pile dengan program Plaxis sebelum konsolidasi adalah 1.045,730 Ton, dan Qu sesudah konsolidasi adalah 1.068,527 Ton pada kedamalan 29,200 m. Nilai ini tidak berbeda jauh dari hasil perhitungan menggunakan data SPT dengan metode Reese & Wright yaitu sebesar 1.074,122 Ton pada kedalaman 30,450 m. Dari hasil PDA test di dapat Qu sebesar 979 ton. Daya dukung lateral berdasarkan Metode Broms pada diameter 1,20 secara analitis didapat Qu= 156,475 ton secara grafis didapat Qu= 120,84 ton. Hasil penurunan bored pile yang diperoleh dengan Metode Penurunan Elastis = 24,8 mm, dengan program Plaxis sebelum konsolidasi = 2,98 mm, dan penurunan sesudah konsolidasi = 3,85 mm, dan dari pengujian PDA = 4,00 mm. Kata Kunci : Pondasi, Program Plaxis, Standard Penetration Test (SPT), Daya Dukung, Bored Pile

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Benny Pradana