Gambaran Postpurchase Dissonance Pada Konsumen City Car Honda Brio

Beby Haryanti, Eka Danta Jaya Ginting

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat Gambaran postpurchase dissonance PadaKonsumen City Car Honda Brio. Postpurchase dissonance merupakan suatu kondisi dimanakonsumen mengalami keraguan atau kecemasan setelah melakukan suatu keputusanpembelian yang sulit dan relatif permanen. City Car merupakan jenis produk otomotif yangmemiliki biaya bahan bakar lebih irit dari bensin atau kendaraan berbahan bakar diesel.Penelitian ini dilakukan pada konsumen yang telah membeli City Car Honda Brio yangberada di kota Medan sebanyak 100 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakandalam penelitian ini adalah convenience sampling. Alat ukur berupa kuesioner, skalapostpurchase dissonance yang disusun berdasarkan teori yang dikemukakan oleh Sweeney,Hausknecht, & Soutar (2000). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Gambaranpostpurchase dissonance Pada Konsumen City Car Honda Brio pada kategori sedang artinyakonsumen yang telah membeli City Car Honda Brio mengalami suatu kecemasan secarapsikologis setelah melakukan proses pembelian.Kata kunci: Postpurchase Dissonance, City Car, Honda Brio

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.