PERBEDAAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DITINJAU DARI JENIS KEGIATAN EXTRAKURIKULER

Vety Dazeva, Tarmidi Tarmidi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat perbedaan kecerdasan emosional ditinjau dari jeniskegiatan ekstrakurikuler yang diikuti siswa SMA. Kecerdasan emosional terdiri dari aspekkemampuan mengenali emosi diri sendiri, kemampuan mengelola emosi diri, kemampuanmemotivasi diri sendiri, kemampuan mengenali emosi orang lain, dan kemampuan membinahubungan (Goleman, 2002). Kegiatan ekstrakurikuler dibagi menjadi 5 jenis, yaitu keterlibatanprososial, tim olahraga, pertunjukan seni, keterlibatan sekolah, dan kelompok akademik.Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa SMA Swasta Yapena yang aktif mengikuti kegiatanekstrakurikuler yaitu sebanyak 163 siswa. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaankecerdasan emosional ditinjau dari jenis kegiatan ekstrakurikuler yang diikuti siswa SMASwasta YAPENA.

Keywords


kecerdasan emosional; kegiatan ekstrakurikuler

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

free
hit counter

Statistik Kunjungan

View My Stats