ANALISIS BIAYA PRODUKSI LISTRIK PER-KWH MENGGUNAKAN BAHAN BAKAR BIOGAS LIMBAH CAIR KELAPA SAWIT (APLIKASI PADA PLTBGS PKS TANDUN)

David Partogi Butar-Butar, M Natsir Amin, Surya Tarmizi Kasim

Abstract


Peningkatan permintaan energi dan menipisnya sumber cadangan minyak dunia serta permasalahan emisi dari bahan bakar fosil memberikan tekanan kepada setiap negara untuk segera memproduksi dan menggunakan energi terbarukan. Salah satu energi terbarukan yang berpotensi untuk dikembangkan di Indonesia adalah biogas, khususnya yang berasal dari limbah cair kelapa sawit. Biogas dapat digunakan sebagai bahan bakar pembangkit tenaga listrik. Dengan bahan bakar biogas, akan menghasilkan biaya produksi listrik yang lebih murah dan ramah terhadap lingkungan. Sebagai implementasi studi kasus yang dipilih adalah Pembangkit Listrik Tenaga Biogas Sawit (PLTBGS) Pabrik Kelapa Sawit Tandun, Riau milik PT. Perkebunan Nusantara V. Pada paper ini akan dilihat analisis biaya untuk memproduksi listrik per kWh dengan pembangkit tenaga listrik yang menggunakan biogas limbah cair kelapa sawit sebagai bahan bakar, dengan memperhitungkan biaya modal, biaya bahan bakar serta biaya operasional dan perawatan. Sehingga didapat biaya produksi listrik per kWh berdasarkan suku bunga 6%, 9%, 12% adalah Rp 569,13/kWh, Rp 659,34/kWh, Rp 770,89/kWh dan biaya produksi listrik per kWh tanpa memperhitungkan biaya pengembalian modal adalah Rp 250/kWh.


References


. Alamendah. 2012. Energi Terbarukan di Indonesia. http://alamendah`s.blogspot.com

. Dewan Riset Nasional. 2010. Agenda Riset

Nasional Bidang Energi. Jakarta.

. Wikipedia.org. 2012. Biogas. http://id.wikipedia.org/wiki/Biogas.

. Hermawan, Beni dkk. 2007. Pemanfaatan

Sampah Organik Sebagai Sumber Biogas

Untuk Mengatasi Krisis Energi Dalam Negeri. Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa. Universitas Lampung. Bandar Lampung.

. Saleh, Ghizan dan N. Rajanaidu. 2011. Direction in the Utilization of Cropsfor Bioenergy in Malaysia in Response to Climate Change. Selangor. Malaysia.

. Marpaung, Dedy Suhendra. 2009. Pemanfaatan Limbah Pabrik Kelapa Sawit Sebagai Pembangkit Listrik. http://dedysuhendramarpaung.blogspot.com

. Pasilhok Utama Team. 2011. An intermediate report biomass & biogas power plant system at Blangkahan palm oil mill. Medan. Indonesia.

. PT Karya Mas Energi. 2011. POME Biogas Project (Diesel Replacement). Kampar. Riau.

. Sinaga, Ishak. 2011. Energi Terbarukan Sisa Keluaran Limbah Padat Pengolahan Kelapa Sawit (Studi Kasus Perencanaan Pembangunan PLTBS PKS Blangkahan). Skripsi. Universitas Sumatera Utara.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN 2337-3237

Copyright ©2019 Departemen Teknik Elektro FT USU. All rigths reserved