PENGARUH PEMBERSIHAN OLEH HUJAN TERHADAP ARUS BOCOR ISOLATOR PIN-POST 20 KV TERPOLUSI

Zico Venancio Sinaga, Hendra Zulkarnain

Abstract


Isolator yang terpasang pada ruangan terbuka akan dilapisi polutan yang berasal dari lingkungan di sekitarnya. Sedikit banyaknya (intensitas) polutan akan mempengaruhi konduktivitas permukaan isolator dan menyebabkan arus bocor (leakage current) mengalir pada permukaan isolator. Akan tetapi ketika cuaca hujan, air hujan akan mengikis polutan yang menempel pada isolator sedikit demi sedikit. Hal ini tentu saja akan mempengaruhi intensitas polutan tersebut, sehingga arus bocornya juga ikut berubah. Dalam paper ini akan diamati pengaruh pembersihan yang dilakukan terhadap besarnya nilai arus bocor yang mengalir pada permukaan isolator yang terpolusi asam nitrat (HNO3) dan nilai ESDD-nya. Penelitian menunjukkan bahwa semakin sering diterpa oleh hujan, maka konduktivitas polutan semakin berkurang. Pada isolator uji yang digunakan, penurunan konduktivitas polutan akibat pembersihan yang dilakukan oleh hujan adalah 1 sampai 8 kali. Menurunnya konduktivitas polutan, menyebabkan arus bocor isolator juga menurun sebesar 1 sampai 6 kali dari keadaan awal isolator terpolusi.

References


Angelina. 2012. Pengaruh Kelembaban Udara terhadap Arus Bocor Isolator Post 20 kV Terpolusi. Skripsi. Medan: Departemen Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara.

Wilvian. 2012. Pengaruh Kelembaban terhadap Tegangan Flashover AC Isolator Piring. Skripsi. Medan: Departemen Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara.

Seran, Emel. (2010). Hubungan Molaritas Larutan dengan Massa. [online]. Tersedia: http://wanibesak.wordpress.com/tag/hubungan-molaritas-larutan-dengan-massa/

Brawiansyah, Mochammad Rendri. (2012). Hubungan Daya Hantar Listrik dan Kekuatan Asam. [online]. Tersedia: http://www.scribd.com/doc/92434025/Hubungan-Daya-Hantar-Listrik-Dan-Kekuatan-Asam


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN 2337-3237

Copyright ©2019 Departemen Teknik Elektro FT USU. All rigths reserved