Template

JUDUL                     

Ditulis singkat, informatif dan deskriptif. Ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris (maksimum 14 kata). Penulisan huruf Kapital hanya pada awal kata. Penulisan judul diletakkan di rata  kiri.

NAMA DAN ALAMAT INSTITUSI PENULIS

Nama dan alamat ditulis lengkap tanpa disingkat dan tidak memakai gelar. Untuk Corresponding author beri tanda bintang serta alamat e-mail.  

ABSTRAK

Abstrak ditulis dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia ( dua abstrak), ditulis dalam 1 spasi. Abstrak merupakan sari tulisan, meliputi dasar penulisan, tujuan, metode dan hasil penelitian dalam satu paragraph yang ringkas, padat dan tidak lebih dari 250 kata. Abstrak berbahasa Inggris di tulis dengan cetak miring, tulisan abstrak di letakkan di tengah dalam satu kolom.

Kata Kunci dan Key words. Kata kunci dan key woards ditulis langsung di bawah garis pemisah sesudah abstrak pada baris baru mulai dari margin kiri minimum 4 kata maksimum 6 kata yang relevan dengan substansi artikel


PENDAHULUAN.

Pendahuluan merupakan justifikasi substansi artikel yang didukung pustaka yang relevan diatas tahun 2000an. Memuat latar belakang dan tujuan penelitian. Maksimum 400-500 kata di tulis dalam 2 kolom.

BAHAN DAN METODE

Harus detil dan jelas, meliputi bahan, tempat dan waktu, rancangan percobaan, metode pengambilan sampel, pelaksanaan dan analisis data. Di tulis dengan kalimat berita bukan perpoint.

HASIL DAN PEMBAHASAN

Hasil dan Pembahasan disajikan dalam 1 Bab. Hasil penelitan disajikan dalam bentuk tabel/grafik yang diberi notasi statistika, diberi nomor dan judul. Judul tabel ditulis di bagian atas, sedangkan judul grafik dan gambar ditulis di bagian bawah. Penulisan Tabel dan Grafik boleh dua kolom berurutan dengan paragraph, jika ditulis dalam satu kolom diletakkan pada bagian atas, atau bagian bawah sehingga tidak memotong paragraph. Jika ada satuan ditulis di judul bukan dalam tabel. Uraian tabel/grafik tidak mengulang data yang disajikan kecuali hal-hal yang sangat menonjol. Pembahasan membandingkan hasil penelitian dengan pustaka yang relevan dan menjelaskan implikasi hasil penelitian yang diperoleh bagi ilmu pengetahuan dan pemanfaatannya.

SIMPULAN

Simpulan disajikan dalam bentuk paragraph dan bukan dalam bentuk penomoran. Jika ada saran, maka disajikan secara singkat dan relevan.

Ucapan Terima Kasih. Ungkapan terima kasih ditujuakn apabila ada pihak yang membantu penelitian, dan/penyedia dana penelitian.

Contoh Penulisan Daftar Pustaka :

Buku : judul buku ditulis huruf kapital pada semua huruf awalnya

Harjadi, S.S. 1991. Pengantar Agronomi. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. 230 hal.

Harjadi, S.S., Budi, A.B., Siti. H.W. 1991. Pengantar Ilmu Pertanian. USU Press. Medan,  230 hal.

Bagian Bab dari buku : judul bab dari buku ditulis dengan huruf kapital pada huruf awalnya saja.

Jatala P & J Bridge. 1990. Nematoda parasitik pada tanaman akar dan ubu-ubian. Dalam M Luc RA Sikora & J Ridge (eds). Nematoda Parasitik di Pertanian Subtropika dan Tropik. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta. Hlm 34-42.

 Artikel jurnal : judul artikel ditulis dengan huruf kapital pada huruf awalnya saja. Penyingkatan nama jurnal mengikuti anjuran dari jurnal yang disitasi. Nama jurnal ditulis miring.

Brockwell J & PJ Bottomley. 1995. Recent advances in inoculants technology and prospects for the future. Soil Biol Biochem 27: 283-297.

Hidayat, B., A, Rauf., Sabrina, T. 2015. Remediasi Pencemaran Logam Jurnal Pertanian Tropik. Vol.5. No.3. Desember 2018 (41) 309- 317. 

Pustaka yang diakses dari internet :

Fortnum BA & SB Martin. 1997. Disease management strategies for control of bacteria wilt of tobacco in the southern USA. 2nd IBWS, Guadalope. Available at : http;//www.infra.fr/Internet/Departement/PAHOV/2nd IBWS/T43. html (diakses 13 Maret 2002). 

Pustaka dari CD ROM ;

Foyd RB & J Kurle. 2000. Crop rotation scheme for dry land of Minnesota and North Dakota. Agronomy Journal 67: 342-350. Volumes 60-70, 1990-2000 (CD ROM computer file). ASA, Madison, WI and Natl. Agric. Lib. Madison, WI (Nov 2001).

 


 

 

 


 




JURNAL PERTANIAN TROPIK USU.AC.ID TELAH BERGABUNG DENGAN JURNAL TELENTA USU PUBLISHER:SILAHKAN KLIK:

https://talenta.usu.ac.id/jpt